Rencana liburan bisa berantakan ketika salah satu anggota rombongan, atau bahkan Anda sendiri tidak tepat waktu alias ngaret. Ikutilah 5 tips tepat waktu saat traveling agar liburan Anda menyenangkan.

Kegiatan traveling erat kaitannya dengan waktu. Anda akan berpacu dengan waktu untuk dapat menikmati objek selanjutnya atau dapat tiba di tempat penginapan tepat waktu. Disusun detikTravel, Senin (26/3/2012), inilah 5 tips tepat waktu saat traveling:

1. Buat itinerary secara terperinci

Itinerary atau jadwal perjalanan adalah hal yang utama dan paling pertama saat traveling. Buatlah itinerary secara jelas dan terperinci, seperti mengatur waktu keberangkatan, makan siang, saat di objek wisata, dan di penginapan. Rincikanlah itinerary Anda dengan cara browsing di internet atau bertanya kepada yang lebih berpengalaman.

2. Taati itinerary

Ingat, itinerary bukanlah pajangan atau sekedar catatan. Itinerary adalah benda wajib yang harus Anda taati saat traveling. Ikutilah itinerary yang Anda buat sebaik mungkin. Jika saatnya untuk makan siang, maka makan sianglah jangan menunda-nunda. Dengan menaati itinerary, dijamin perjalanan Anda akan lebih nyaman dan menyenangkan. Tentu, Anda tidak akan merasa dikejar-kejar oleh waktu.

3. Jangan terlalu lama di objek wisata

Memandangi pegunungan dengan pemandangannya sangatlah nikmat. Akan tetapi, jangan terlalu lama berada di objek wisata. Hal ini cukup sulit, namun lihat kembali itinerary Anda dan perhatikan berapa lama waktu yang dihabiskan di objek wisata. Pandangi, resapi dan abadikan objek wisata Anda dalam kamera. Setelah itu, bersiaplah menuju destinasi Anda selanjutnya. Ingat, masih ada objek wisata lainnya yang tidak kalah indahnya.

4. Jangan terlalu lama di kamar mandi

Bagi traveler, khususnya wanita, jangan terlalu lama di kamar mandi pada pagi hari saat berada di penginapan. Memang, sangat menyegarkan saat membilas tubuh di kamar mandi. Akan tetapi, jika terlalu lama di kamar mandi, maka Anda menghabiskan banyak waktu dan akan telat berangkat menuju ke destinasi selanjutnya. Mandilah secukupnya saja. Saat traveling bersama teman-teman, buatlah jadwal untuk memakai kamar mandi dengan tepat, supaya tidak terlalu lama menghabiskan waktu.

5. Istirahat cukup

Mungkin, hal ini jarang diperhatikan oleh traveler. Istirahatlah yang cukup, agar tenaga Anda penuh dan siap untuk melanjutkan perjalanan. Jangan tidur hingga larut malam di penginapan, sebab akan membuat tubuh lemas dan membuat perjalanan telat gara-gara bangun kesiangan. Selain istirahat yang cukup, perhatikan juga asupan gizi Anda, supaya tidak gampang sakit dalam perjalanan.

 

Sumber : Detik-Travel

1,445 total views, 1 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page