Alasan Memilih Kereta Api sebagai perusahaan yang memonopoli kereta api di Indonesia tampaknya telah melakukan pembenahan besar-besaran pada Kereta Api Indonesia. Berbagai lini sudah semakin bagus pelayanan, bahkan kenyamanannya pun semakin baik dari hari ke hari.

 

Kenapa Memilih Kereta Api?

Mudahnya naik kereta api dirasakan oleh berbagai pengguna jasa angkutan kereta api, terbukti dari timeline akun twitter resmi PT KAI @KAI121 dan berbagai testimoni sahabat-sahabat dan keluarga saya yang telah menggunakan transportasi masal jarak jauh satu ini, kereta api. Saat ini naik kereta api terutama jarak jauh yang saya rasakan semakin mudah dan menyenangkan.

Berikut ini alasan memilih kereta api sebagai alat transportasi jarak jauh :

1. Pembelian Tiket Yang Sangat Mudah dan Murah

Hal pertama yang menjadi alasan adalah saat prosesi pembelian tiket, sekarang membeli tiket kereta api sudah bisa via website langsung atau silakan klik disini lalu anda akan melihat kolom untuk melakukan pembelian tiket berbagai tujuan yang bisa anda pilih sendiri, semacam membeli tiket pesawat via online. Kita tak perlu mengantri panjang sehari penuh untuk membeli tiket kereta api, tidak seperti dahulu kala saat pembelian tiket dilakukan secara manual. Dengan reservasi secara online kita juga bisa mendapatkan tiket kereta api promo dengan mudah icon biggrin 4 Alasan Memilih Kereta Api

Pembelian tiket pun tidak ribet. Tanpa banyak kolom yang harus diisi. Kita cukup menyiapkan kartu identitas diri dan mengisikannya sesuai kolom yang diminta. Pembayaran bisa anda lakukan via atm. Ada banyak bank yang support untuk melakukan pembayaran. Yang jelas, dengan adanya tiket online kita tidak akan kehabisan tiket kereta saat ngantri.

2. Stasiun Yang Kondusif

Teringat betul beberapa tahun silam, saat pintu masuk peron disesaki lalu lalang penjaja makanan. Ketika sesaknya kursi tunggu kereta api di dalam yang dipenuhi barang-barang jualan. Meskipun ada petugas kebersihan, masih banyak sampah plastik berserakan dimana-mana, suasana stasiun kurang kondusif. Tata peraturan yang kurang ketat dari PT KAI mungkin jadi penyebab utamanya. Sekarang semua stasiun terlihat lebih rapi daripada penampakan tempo lalu.

3. Jadwal Keberangkatan Semakin Tepat

Masih belum tepat sekali. Tapi semakin tepat dibandingkan keadaan kereta api beberapa tahun yang lalu. Jika kita naik dari stasiun besar permulaan kereta, berangkatnya sangat tepat. Tapi tatkala kita naik dari stasiun tengah perjalanan saya masih ragu kereta akan datang tepat pada waktunya. Paling tidak 30 menit akan terlambat dari jadwal sebenarnya. Itu masih mending, daripada harus menunggu hingga 1 jam melenceng dari waktu yang ditentukan. Saya pernah mengalaminya dulu, sekitar tahun 2010. Jadwalnya jam 12 malam, berangkatnya jam 1 malam dari stasiun Pekalongan.

4. Satu Tiket Satu Tempat Duduk

PT KAI mempertegas peraturan satu orang satu tempat duduk. Sehingga tidak ada seorangpun yang mendapat tempat duduk di dalam kereta api. Dari kelas ekonomi hingga eksekutif, semua PASTI mendapat tempat duduk dengan nomor yang sesuai pada tiket yang sudah dibeli. Jika kehabisan tiket, anda tidak akan bisa masuk ke peron apalagi masuk ke dalam kereta api. Jika tetap melanggar maka akan dikenakan denda lebih besar daripada harga tiketnya.

5. Pemandangan Yang Indah

Kereta api seringkali melewati panorama alam seperti pegunungan, persawahan dan pedesaan di sepanjang perjalanananya. Hal ini tentu menambah pengalaman traveling Anda. Duduk bersantai di bangku kereta sambil menikmati pemandangan nan indah di sepanjang jalan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika Anda hobi memotret, panorama sepanjang perjalanan Anda bisa menjadi obyek foto Anda.

6. Tidak Perlu Check In 45 Menit Sebelum Jam Keberangkatan

Praktis! Apabila naik kereta api, kita terbebas dari aturan check in 45 menit sebelum keberangkatan. Kereta berangkat pukul 16.00, kita tiba di stasiun pukul 15.58 juga tidak mengapa.

7. Bebas Pemeriksaan Sinar-X Yang Risih

Kereta Api tidak ada pemeriksaan semacam itu maka pihak stasiun manapun di seluruh dunia tetap tidak melakukan pemeriksaan sinar-X di stasiun-stasiun yang ada di negara mereka.

 

Demikianlah alasan memilih kereta api. Jika anda adalah salah seorang penggemar alat transportasi masal ini mungkin punya alasan tersendiri kenapa memilih kereta api sebagai alat transportasi daripada yang lain. Selain akan mendapatkan pengalaman lain, kita juga bisa kenalan dengan orang lain sesama penumpang icon biggrin 4 Alasan Memilih Kereta Api

Alasan memilih kereta api tersebut cukup mewakili penjelasan kenapa memilih kereta api. Bagi yang belum pernah naik kereta api percayalah, pengalaman pertama pasti begitu mengesankan icon lol 4 Alasan Memilih Kereta Api

 

Sumber : dari berbagai sumber

1,104 total views, 1 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page