Jakarta – Kabar baik bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang gemar traveling menggunakan pesawat. Akhir 2012, rencananya semua maskapai besar tanah air akan menggabungkan airport tax dengan tiket pesawat. Praktis!

Dalam waktu dekat, wisatawan tak perlu lagi membayar airport tax di bandara-bandara tanah air. PT Angkasa Pura I secara bertahap akan mengatur penggabungan airport tax (passenger service charge) dengan tiket pesawat. Akhir 2012 ini, rencananya semua maskapai besar tanah air telah menerapkan sistem terpadu tersebut.

“Itu untuk maskapai domestik terlebih dahulu, itu untuk maskapai yang besar dulu. Mudah-mudahan akhir tahun sudah selesai,” ungkap Dirut Angkasa Pura I, Tommy Soetomo kepada detikTravel, Jumat (24/8/2012).

Penerapan awal sistem ini akan dijalankan oleh maskapai Garuda Indonesia, per 1 September 2012 nanti. Namun, lanjut Tommy, Garuda juga akan menerapkan secara bertahap kepada penumpangnya. Hal ini karena adanya perbedaan waktu pemesanan sebelum penerapan, dengan waktu pemberangkatan pesawat setelah sistem ini diterapkan.

“Itu akan kita lakukan bertahap untuk tiket Garuda. Karena tiket Garuda yang beredar itu beragam, dijual di dalam dan luar negeri. Misal orang Jepang ke Singupura terus ke Bali pakai Garuda kan pesannya itu sudah jauh-jauh hari, sehingga penerapan itu dilakukan bertahap,” sambungnya.

Selain Garuda, Tommy mengatakan maskapai penerbangan tanah air seperti Lion Air siap mengikuti jejak Garuda.

“Lion sudah siap, baru bicara dengan Lion,” imbuhnya.

Diterapkannya sistem ini akan menghemat waktu wisatawan saat ingin traveling menggunakan pesawat. Anda nanti tidak harus menghabiskan waktu lebih lama di konter check in hanya untuk membayar airport tax.

Sumber : http://travel.detik.com/

1,895 total views, 2 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page