pesawat terbangKetika berada di area publik, kita harus tahu dan bisa menjaga etika agar tidak mengganggu orang lain, termasuk ketika kita di dalam pesawat terbang. Etika atau tata krama di pesawat terbang , kereta api atau bus sangat berbeda. Ketika kita berada di dalam pesawat terbang ada beberapa etika yang harus dipatuhi untuk menjaga kenyamanan sesama penumpang, antara lain.

1. Menggunakan Sandaran Tangan di Kursi
Sandaran tangan di kursi pesawat terbang bisa jadi masalah bila salah satu penumpang bersikap egois. Misalnya meletakkan tangan melebihi jarak yang seharusnya. Maka dari itu, tunjukkanlah toleransi bahwa Anda maupun teman sebangku menggunakan sandaran tangan secara adil. Anda tentu akan merasa risih, jika tangan Anda bersentuhan dengan tangan orang asing, begitu juga sebaliknya. Saat bangun dari kursi pesawat, jangan bertumpu pada kursi di depan Anda tapi gunakan sandaran tangan di kursi Anda sendiri.

2. Jaga  Bicara dengan Teman Perjalanan
Beberapa orang ada yang dengan mudah berkenalan dan menjadi akrab dengan penumpang lain yang duduk di sampingnya. Tapi sebagian lagi lebih suka dibiarkan sendiri dan dengan tenang menikmati perjalanan. Kenali dulu karakter penumpang di samping Anda. Jika lebih banyak Anda yang berbicara, itu tandanya si teman seperjalanan terganggu dengan sikap banyak bicara Anda. Untuk itu segeralah berpaling dan akhiri pembicaraan.

3. Hati-hati Membawa Koper/Tas
Membawa koper atau tas di dalam pesawat juga ada etikanya. Bawa barang bawaan di posisi depan selagi Anda berjalan melewati lorong kabin. Menyampirkannya di bahu atau memanggulnya di punggung bisa mengenai penumpang lain yang sudah duduk di kursi atau berada di belakang Anda.

4. Hindari Membaca Suratkabar Berukuran Lebar
Jika ingin membawa bacaan, hindari koran atau suratkabar berukuran lebar. Saat membacanya, Anda harus melebarkan kertas dan itu bisa mengganggu penumpang di sebelah Anda. Jika harus membaca sesuatu agar tidak bosan selama penerbangan, bawalah majalah, tabloid berukuran mini, novel atau buku.

5. Duduk di Sebelah Koridor Jika Sering Buang Air Kecil
Anda termasuk orang yang sering bolak-balik ke toilet? Maka pesanlah kursi di samping koridor pesawat untuk memudahkan Anda ke toilet, juga menghindari mengganggu penumpang lain. Hindari memilih window seat, Anda akan membuat kesal penumpang di samping Anda karena harus sering-sering bergeser atau berdiri untuk memberi ruang agar Anda bisa keluar.

6. Jangan Menyetel Volume Musik Terlalu Keras
Anda suka mendengarkan musik selama penerbangan? Jangan menyetel volume musik terlalu keras. Meskipun menggunakan headphone, suara dari pemutar musik bisa saja terdengar penumpang lain jika diputar dengan volume maksimal. Percayalah, Anda tidak perlu mendengar musik keras-keras hanya untuk menikmatinya.

7. Jangan Mencuri Lihat
Jangan ikut membaca atau melihat majalah, atau buku yang sedang dibaca orang di samping Anda. Melalui jangkauan sudut mata, seseorang akan menyadari bila ada orang lain yang juga melihat apa yang dibacanya. Itu akan membuatnya terganggu karena merasa diawasi. Terlebih lagi, jangan pernah berkomentar tentang artikel atau kisah yang sedang dia baca.

8. Sabar Menunggu Giliran Turun
Jangan menyerobot antrean begitu pesawat mendarat, kecuali ada keadaan darurat yang mengharuskan Anda segera turun. Tunggulah giliran Anda, perbedaannya hanya beberapa menit dan sikap sabar Anda akan memudahkan setiap penumpang, termasuk staf penerbangan. Sebagai contoh, jika Anda berada di kursi nomor 37D dan seorang wanita yang menempati kursi 36D sedikit lambat mengambil kopornya, tunggulah sebentar, jangan mendorongnya agar Anda bisa lewat karena itu sikap yang kasar.

2,076 total views, 5 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page