pesawat banner21Tips Mendapatkan Tiket Pesawat MurahPesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang efisien untuk Anda yang berpacu dengan waktu. Namun mencari tiket penerbangan murah adalah perkara sulit. Begitupun untuk keperluan liburan. Terutama jika bertepatan dengan musim liburan harganya pun pasti melonjak hingga dua kali lipat dari harga reguler atau harga standar penerbangan.

Bagi kebanyakan orang, liburan adalah momen yang menyenangkan dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu agenda favorit saat liburan adalah traveling ke luar kota atau ke luar negeri. Bepergian jauh akan lebih efisien dengan pesawat karena anda tidak akan kecapean menyetir sepanjang perjalanan. Namun satu hal yang sering menjadi masalah saat melakukan perjalanan dengan pesawat adalah harga tiket pesawat yang mahal. Harga tiket pesawat cukup fluktuatif tergantung dari waktu keberangkatan, service, dsb. Jika anda mau menyempatkan diri untuk mencari informasi lebih banyak, anda sebenarnya bisa mendapatkan tiket pesawat murah.

Mendapatkan tiket murah,
Untuk sebuah efisiensi ini ternyata membutuhkan dana yang lebih besar jika dibandingkan alat transportasi lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal itu dapat disiasati dengan berbagai tips mendapatkan tiket penerbangan murah yang akan kami berikan. Jika ada yang lebih murah kenapa harus pilih yang mahal?

1. Pesan tiket penerbangan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan
Biasanya maskapai-maskapai penerbangan sudah mengeluarkan harga tiket beberapa bulan sebelumnya. Pilih waktu yang tepat untuk booking tiket karena ada maskapai yang mengeluarkan tiket dari yang termurah atau bahkan sebaliknya.Booking tiket jauh hari sangat menghemat pengeluar perjalanan Anda. Sisa budget tiket bisa dipakai untuk keperluan lain seperti belanja oleh-oleh, mencicipi kuliner lokal dan lain sebagainya.

2. Lakukan komparasi dan pengamatan kecil
Lakukan penelitian kecil sebelum memilih maskapai penerbangan mana yang akan Anda gunakan untuk mendapatkan tiket penerbangan murah. Ini terkait dengan poin satu. Dengan penelitian ini, Anda mengetahui kebiasaan dari maskapai-maskapai penerbangan dalam mengeluarkan informasi harga tiket penerbangan.
Amati selisih harga tiket dari beberapa maskapai dengan tujuan yang sama. Jika maskapai A selisih harganya lebih murah dari Maskapai B, tapi benefitnya maskapai A lebih kecil dari maskapai B ada baiknya Anda memilih maskapai B.  Benefitnya antara lain diskon harga untuk penerbangan berikutnya. Atau mendapat voucher belanja, gratis mendaftar menjadi member  maskapai dan lain sebagainya.

3. Pilih penerbangan di luar puncak liburan.
Pada puncak liburan biasanya hampir semua maskapai penerbangan akan membandrol harga tinggi. Pasti akan banyak konsumen yang memerlukan tiket penerbangan untuk liburan mereka Peak season untuk kalender nasional biasanya  pada menjelang Lebaran dan seminggu setelah lebaran. Kemudian pada musim liburan sekolah yang setiap tahun dua kali yakni bulan Mei – Juni  dan akhir Desember sampai awal Januari. Dimana pada musim-musim itu jadwal penerbangan begitu padat, tiket sulit didapat dan harganya naik menjadi dua kali lipat dari harga normal. Selain itu hotel pun penuh terisi / fully book, sehingga sulit mencari hotel vacancy.  Belum lagi jalan-jalan yang menuju objek wisata, mancet  penuh dengan pengunjung. Sangat tak menyenangkan ketika liburan pada peak season.
Oleh karena itu carilah waktu pada off season atau hari biasa, misalnya hari senin sampai kamis, biasanyatiket pesawat dijual murah dan mudah didapat. Selain carilah penerbangan dua hari setelah hari libur nasional selesai. Namun kalau terpaksa berangkat pada puncak hari libur, sebaiknya reservasi dahulu jauh-jauh hari.

4.Pilih tiket sub kelas terbawah dari kelas ekonomi.
Biasanya sub kelas terbawah memiliki harga yang termurah dibandingkan dengan sub di atasnya. Tak perlu khawatir, karena fasilitas yang didapat biasanya tidak seminim ketika Anda memilih tiket ekonomi pada alat transportasi lain.Jangan gengsi naik pesawat kelas ekonomi. Bahkan sekarang ini sebagian besar maskapai penerbanganinternasional ada yang memiliki lini usaha penerbangan murah.  Walaupun murah tiketnya, pelayananya tetap seperti kelas VIP, dan jadwal penerbangannya pun on time.

5.Cari informasi travel agent yang melakukan penjualan tiket lebih murah yang terpercaya.
Hal ini untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan tiket penerbangan murah. Karena saat ini sudah banyak travel agent yang mampu memonitor harga tiket berbagai maskapai dengan, sehingga akan mempermudah Anda untuk mendapatkan tiket penerbangan murah.

6.Cari waktu penerbangan termurah pada hari yang Anda pilih.
Jadwal penerbangan murah regular biasanya ada dua kali. Penerbangan pertama di pagi hari atau jadwal penerbangan terakhir di malam hari atau dini hari akan lebih murah dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya. Ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga tiket penerbangan murah.
Kalau Anda memilih jadwal penerbangan pada jam sibuk atau siang hari biasanya selisih harganya sangat tinggi.Ketika Anda memutuskan membeli tiket pada penerbangan pertama, sebaiknya persiapkan diri sehari sebelumnya. Caranya sekiranya tempat tinggal Anda jauh dari bandara, tak ada salahnya datanglah semalam menjelang keberangkatan, tak ada salahnya tidur di bandara agar tak terlambat.  Hal ini biasa dilakukan oleh tourist backpacker, guna menghemat biaya.

7.Cari kemungkinan pengurangan harga lain dari maskapai penerbangan yang Anda pilih.

Kemungkinan tersebut misalnya ada atau tidaknya transit. Biasanya jika penerbangan tersebut tanpa transit,tiketnya akan lebih murah dibandingkan dengan pesawat yang transit dalam perjalanannya.

8. Masuk ke dalam anggota program discount tiket penerbangan.
Cari informasi program-program yang menyediakan atau yang memfasilitasi Anda untuk mendapatkan tiket penerbangan murah untuk perjalanan liburan, lalu bergabunglah. Percayalah, jika sering menggunakanpesawat untuk perjalanan Anda ini akan sangat bermanfaat.Cara untuk mendapatkan previllage ini pelanggan harus mendaftarkan diri menjadi member maskapai penerbangan. Tentunya harus membayar iuran bulanan atau tahunan.  Ada sejumlah kelas member yang ditawarkan kepada membernya.  Setiap kelas memiliki benefit sendiri-sendiri. Misalnya mendapatkan fasilitas priority ketika member reservasi tiket pada peak season, dapat potongan harga, dan mendapatkan point yang bisa ditukar dengan aneka reward.
Terkadang perusahaan maskapai bekerja sama dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit. Jadi setiap nasabah kartu kredit dimasukan dalam member eksekutif perusahaan penerbangan.

9.Cari informasi mengenai maskapai penerbangan yang bermitra dengan perusahaan kartu kredit Anda.
Ini berlaku bagi yang memiliki kartu kredit dan menggunakannya untuk pembelian tiket. Jika perusahaan kartu kredit Anda bermitra dengan perusahaan kartu kredit tertentu biasanya akan diberikan khusus yang dapat dimanfaatkan. Namun sekarang ini hampir semua perusahaan penerbangan merupakan merchant resmi dari kartu kredit.Semakin tinggi kelas kartu kredit Anda, semakin besar pula previlage yang Anda dapatkan dari penerbangan Anda.  Misalnya dapat diskon khusus pada semua kelas. Kemudian ada fasilitas antar jemput dari hotel menuju bandara. Dan diskon khusus untuk reservasi hotel.

10.Pastikan batas waktu tiket.
Jangan lupa untuk mengecek batas waktu tiket agar tidak kehilangan yang akan Anda booking karena terlewat tanggal keberangkatannya. Ini akan sangat merugikan Anda sendiri. Setelah resevasi sukses, segeralah melunasi pembayaran tiket Anda dengan cara transfer di ATM atau membayar cash pada agen yang ditunjuk. Setelah itu langsung confirmasi ulang agar Anda  tahu pasti kalau tiket sudah diperoleh.

 

Beli Tiket Pesawat Sekarang

1,877 total views, 1 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page