underwater-spot3Snorkeling adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Persiapan yang kurang matang bisa mengganggu kegiatan snorkeling. Berikut adalah tips snorkeling tetap aman dan nyaman:

1. Gunakan masker yang pas

Masker adalah pelindung mata yang wajib digunakan ketika snorkeling. Agar tidak menganggu selama menyelam, pilihlah masker yang pas dan tidak bocor. Untuk mengetahui masker bocor atau tidak, Anda bisa menempelkan masker ke wajah tanpa mengikat talinya ke kepala dan tahan napas. Bila tidak copot, maka dapat dipastikan masker tidak bocor ketika dipakai menyelam.

2. Cegah masker dari embun

Hal yang paling umum terjadi ketika menyelam adalah fogging atau masker yang berembun. Anda bisa mengoleskan pasta gigi atau shampo bayi ke kaca bagian dalam masker untuk mencegah fogging. Biarkan pasta gigi atau shampo bayi menempel pada masker dan bilas dengan air laut sesaat sebelum digunakan untuk menyelam.

3. Pilih fin yang pas dengan ukuran kaki

Fin atau sepatu katak adalah salah satu perlengkapan penting saat snorkeling untuk membantu pergerakan kaki. Fin yang tidak sesuai dengan ukuran kaki tentu sangat mengganggu ketika berenang. Oleh karena itu, pilihlah fin yang pas dengan ukuran kaki.

4. Latihan bernafas dengan snorkel

Snorkel adalah pipa yang khusus digunakan untuk bernafas ketika bersnorkeling. Perlu cara khusus untuk menggunakannya. Agar pernafasan terasa nyaman, Anda bisa berlatih menggunakan snorkel sekitar 5 sampai 10 menit, sebelum memulai snorkeling.

5. Baju khusus

Anda bisa menggunakan wet suit yang biasa disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan legging dan kaos lengan panjang. Ada baiknya Anda menggunakan kaos berwarna cerah, agar mudah dikenali kawan.

6. Gunakan sunblock

Saat snorkeling, biasanya kita terlena melihat keindahan laut, tanpa menyadari kalau kulit sudah terbakar matahari. Untuk mencegah itu semua, gunakan sunblock yang memiliki SPF tinggi ke seluruh tubuh.

7. Gunakan pelampung

Tidak perlu khawatir untuk Anda yang tidak bisa berenang. Biasanya alat pelampung disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Pelampung sangat berguna untuk keselamatan di laut lepas. Jadi, pastikan selalu mengenakannya.

8. Jangan jauh-jauh dari teman

Untuk menambah keamanan selama snorkeling, pastikan Anda tidak berjauhan dengan teman untuk saling menjaga. Terlebih lagi bila bersama instruktur, jangan pernah berjauh-jauhan dengan mereka agar keselamatan lebih terjamin.

Sumber : detikTravel

5,269 total views, 4 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page