Raja-Ampat-Endangered-traveltour
Oleh : Fidelia Depari

Bagi yang belum pernah berkunjung ke Raja Ampat, mungkin masih bingung bagaimana cara yang mudah dan murah menuju kesana. Umumnya kendala menuju ke lokasi wisata terutama di daerah-daerah adalah transportasi dan tentunya juga akomodasi.

Dibawah ini, ada beberapa tips yng mungkin bisa membantu Anda bila ingin berkunjung ke Raja Ampat, Papua Barat.

Transportasi.

Jika Anda terbang dari Jakarta maka akan memakan waktu 6 jam penerbangan ke Sorong dan berhenti di Manado. Dari Manado ada sekitar 8 maskapai yang disediakan untuk membawa Anda ke Sorong. Dari Sorong, ada dua jenis perahu yaitu speed boat dan perahu panjang. Menggunakan speed boat dapat mengangkut 15 penumpang dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit, harga ongkosnya 2 juta rupiah.  Sementara dengan perahu panjang mengangkut 10 penumpang dengan waktu tempuh 2-3 jam, harga ongkosnya 1,2 juta rupiah. Perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Kuliner

Makanan disediakan oleh operator diving, mulai dari menu internasional sampai makanan tradisional yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Biasanya tersedia berbagai macam hidangan laut. Cobalah Anda cicipi sup ikan kuning yang merupakan makanan khas pulau ini.

Perlengkapan
.
Bawalah kamera bawah laut. Gunakan keterampilan fotografi bawah laut Anda, karena mengambil foto di bawah laut tidaklah mudah tetapi juga sebuah penyesalan apabila dilewatkan. Selain itu bawa pula sunblock, sunscreen, topi, dan kaos yang nyaman untuk cuaca pantai. Sebaiknya siapkan pula obat nyamuk dan obat anti malaria.

Berbelanja.

Berbagai suvenir bisa Anda beli untuk oleh-oleh, seperti patung suku asmat, kain tradisional, suling, dan tambur atau drum tradisional. Barang-barang tersebut biasanya dijual di toko suvenir di berbagai kota di Papua.

Waktu Terbaik
.
Bulan Oktober atau November adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Raja Ampat karena lautnya tenang dan sempurna untuk tangkapan kamera Anda.

Enjoy your trip!

(Berbagai sumber)

2,119 total views, 1 views today

Print Friendly
Are you traveler? share it!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page