Pendahuluan

Kepulauan Seribu adalah surga tropis yang terletak di perairan utara Jakarta, Indonesia dan terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang memukau. Salah satu destinasi wisata pulau yang populer di Kepulauan Seribu adalah Pulau Putri. Pulau ini menawarkan pengalaman liburan yang sempurna bagi para wisatawan yang ingin menikmati pantai berpasir putih, terumbu karang yang indah, dan kehidupan bawah laut yang kaya. Artikel ini akan mengulas sejarah Pulau Putri, fasilitas yang ditawarkan, aktivitas yang dapat dinikmati, serta rangkuman harga paket tour yang ditawarkan.

 

Sejarah Pulau Putri

Pulau Putri memiliki sejarah panjang sebagai tujuan pariwisata di Kepulauan Seribu. Sebelum menjadi lokasi wisata, pulau ini memiliki pengaruh sejarah yang berasal dari zaman kolonial Belanda. Nama “Putri” mungkin berasal dari cerita atau legenda lokal, tetapi catatan sejarah awal mengenai pulau ini masih kabur.

Pada tahun 1973, Pulau Putri mengalami transformasi signifikan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Pemerintah Indonesia mulai mengembangkan fasilitas wisata di pulau ini untuk menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional. Seiring berjalannya waktu, infrastruktur dan fasilitas di Pulau Putri semakin ditingkatkan untuk memenuhi harapan wisatawan modern.

 

Baca juga : Pulau Genteng Kecil: Pesona Private Island di Kepulauan Seribu

 

Fasilitas Unggulan

Pulau Putri menawarkan berbagai fasilitas unggulan yang menjadikannya tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk berlibur. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Akomodasi Penginapan: Pulau Putri memiliki penginapan yang menawarkan akomodasi mewah dan fasilitas modern. Kamar-kamar yang nyaman dengan pemandangan laut yang indah membuat pengalaman menginap di pulau ini semakin istimewa.
  2. Restoran di Atas laut: Pulau ini memiliki restoran di atas laut yang menyajikan beragam hidangan lokal dan internasional. Wisatawan dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan laut Pulau Seribu yang menakjubkan.
  3. Sarana Permainan Air: Bagi yang suka tantangan, di Pulau Putri menawarkan berbagai sarana permainan air seperti Waterboom, Aquarium Tunnel, Glass Bottom Boat, Sunset Cruise, Snorkeling, Diving dan sebaginya untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung.
  4. Kolam Renang dan Pantai Pasir Putih: Resort di Pulau Putri memiliki kolam renang yang luas dan indah dan pantai pribadi yang memungkinkan wisatawan berjemur dan berenang dengan tenang.

 

Fasilitas wisata di Pulau Putri

 

Aktivitas Menarik

Pulau Putri menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh wisatawan dari segala usia. Beberapa aktivitas yang populer di pulau ini adalah sebagi berikut:

  1. Snorkeling dan Diving: Pulau Putri terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Wisatawan dapat snorkeling atau menyelam untuk menjelajahi dunia bawah laut yang penuh warna dan kehidupan bawah laut yang mempesona.
  2. Watersport: Berbagai aktivitas seperti jetski, banana boat, dan donat boat tersedia di pulau ini bagi yang mencari sensasi dan kegembiraan di atas air.
  3. Island Hopping dan Memancing: Wisatawan dapat menyewa perahu tradisional untuk island hopping di sekitar pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Memancing juga menjadi aktivitas yang populer di perairan sekitar Pulau Putri.
  4. Pemandangan Matahari Terbenam: Salah satu momen paling menakjubkan adalah menyaksikan matahari terbenam di cakrawala Pulau Putri dengan Sunset Cruise. Pemandangan ini menciptakan suasana romantis dan tenang.

 

Baca juga : Wisata Seru ke Pulau Pantara

 

Harga Paket Tour

Harga paket tour ke Pulau Putri bervariasi tergantung pada jenis akomodasi, fasilitas yang disertakan, dan lamanya tinggal. Secara umum, harga paket tour meliputi:

  1. Akomodasi: Harga paket mencakup biaya menginap di akomodasi penginapan Pulau Putri. Kamar-kamar sudah dilengkapi dengan AC, TV, Toilet, Kasur Tidur, pemanas air dan fasilitas lainnya. Penginapan terdapat 2 jenis yaitu Land Cottage & Floating Cottage.
  2. Makanan: Dalam paket tour mencakup makanan (sarapan, makan siang, dan makan malam) di restoran yang berada di atas laut di tepi pantai Pulau Putri.
  3. Aktivitas: Beberapa aktivitas seperti snorkeling, diving, dan penggunaan fasilitas olahraga air tertentu dapat disertakan dalam harga paket dan juga terdapat biaya tambahan.
  4. Transportasi: Harga paket  juga mencakup transportasi kapal cepat dari Marina Ancol Jakarta ke Pulau Putri dan sebaliknya, sehingga perjalanan menjadi cepat, nyaman dan aman.
  5. Fasilitas Tambahan: Terdapat fasilitas tambahan yang dapat Anda gunakan seperti Diving, Banana Boat dan sebagainya yang kemungkinan di kenakan biaya tambahan.

 

Kesimpulan

Pulau Putri Kepulauan Seribu adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam tropis, fasilitas mewah, dan beragam aktivitas yang menarik. Sejarah pulau ini mencerminkan transformasi dari daerah yang minim fasilitas menjadi tujuan wisata modern yang populer. Dengan fasilitas lengkap, pantai pasir putih yang indah, dan kehidupan bawah laut yang memukau, Pulau Putri adalah tempat yang ideal bagi mereka yang mencari liburan yang santai namun penuh petualangan di akahir pekan atau liburan. Harga paket tour sesuai pilihan durasi rencana liburan Anda, tetapi pengalaman yang ditawarkan oleh Pulau Putri pasti akan meninggalkan kenangan tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Selamat berlibur di Pulau Putri!

 461 total views,  1 views today